Henkie Basuki Djayapranata | 6 Jun 06:41 2006
Picon
Picon

Re: Car PC, Gimana Caranya Ya ?

Secara teori tentu bisa, namun untuk membuat Inverter atau apa namanya, dari 12 volt DC ke beberapa
tegangan DC ? itu sukar, karena harus dibuat sendiri, melakukan percobaan yang memerlukan dana dan waktu.

Isi sebenarnya dari rangkaian power supply komputer adalah, :
mengubah sumber listrik AC 160 ~ 280 volt, menjadi tegangan DC sekitar 310 volt dan kemudian :
menggunakan transistor, sumber tegangan tersebut melalui kumparan primer pada transformer berintikan
feritte di hubung lepaskan atau di on off, dengan waktu hubung yang bisa diubah.  Karena ada arus on off
mengalir ke kumparan primer, maka akan terjadi induksi dan diterima oleh kumparan sekunder trafo,
pada kumparan sekunder trafo tersebut dipasangkan dioda penyearah dan capacitor filter, sehingga
menghasilkan tegangan DC.
Sebagian tegangan DC yang dihasilkan akan di pantau melalui LED dan photo transistor (IC Opto Coupler)
yang dihubungkan ke rangkaian transistor untuk menentukan berapa lama waktu hubungnya, sehingga
akhirnya dihasilkan tegangan DC yang sangat stabil.

Untuk mendapatkan tegangan negatif dan tegangan positif lainnya, maka pada trafo terdapat beberapa
kumparan sekunder dengan dioda dan capacitor penyearah.

Nah dengan dasar tersebut, maka sekarang kita harus me modifikasi kumparan trafonya yang tadinya bekerja
untuk tegangan 310 volt DC, sekarang diubah menjadi untuk tegangan 12 volt DC.  Mudah ?  Tidak, sangat sulit
dan memerlukan dana dan waktu.  Membuat atau mengubah trafo berinti feritte sangat sukar, tidak semudah
membuat atau mengubah trafo berinti besi.

Jadi kesimpulannya, menurut saya, tetap lebih mudah dengan menggunakan Inverter yang tidak lagi perlu
membuat rangkaian, mengubah colokkan-colokkan.  Tinggal pasang Inverter ke Cigarette Lighter
(mungkin ampernya tidak cukup ?), pasang steker komputer ke Inverter, nyalakan komputer, jalan.  Jangan
lupa mengganti alternator mobil menjadi 90 Amper.

Salam.