Emon Sardi | 7 Feb 08:14 2007
Picon

cara buat database stock barang?

Hai ALL

saya rencana nya mo buat database stock barang.
tapi saya bingung tabel apa saja yang di perlukan dan bagaimana caranya
bisa sesuai kan barang masuk dengan barang keluar. ada yang bisa bantu
saya gak. Saya menggunakan Ms. Access untuk membuat databasenya.

Thanks,

--
Gabung, Keluar, Mode Kirim : itcenter-help@...

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
    (Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
    mailto:ITCENTER-digest@...
(Continue reading)

Made Setiawan | 7 Feb 12:05 2007
Picon

Re: cara buat database stock barang?

coba aja masuk ke www.a1vbcode.com disitu banyak contoh applikasi inventory
tapi bukan access udah pakai vb ( access tanggung coba aja vb ).

--

--
Gabung, Keluar, Mode Kirim : itcenter-help@...

(Continue reading)

Luwanto | 13 Oct 05:41 2007

Re: cara buat database stock barang?

Sdr.Emon Sardi, yth.

Untuk database stok barang, minimal ada 2 tabel.
Satu untuk master barang, satu lagi untuk transaksi barang.
Tabel master barang menyimpan data barang.
Tabel transaksi mencatat keluar masuk barang sehingga menghasilkan stok.

Kalau ditanya mengapa tidak dijadikan satu saja, misalnya di tabel transaksi
juga dicatat data barang?
Jawabannya, bila jumlah item barangnya banyak maka tentu tidak efisien
setiap kali transaksi diinputkan nama lengkap barangnya.
Selain itu juga memboroskan space sebab data lengkap barang selalu
diinputkan di tiap tranksaksi.

Lalu jika ditanya lagi, bagaimana kedua tabel di atas saling berhubungan?
Di tabel master barang, tiap item barang dicatat selengkap-lengkapnya 1 x,
lalu diberi no.id yang unik (tidak kembar dengan item barang lainnya).
Di tabel transaksi, untuk mewakili suatu item barang cukup dicatat no.id
bersangkutan.
Jadi bisa dibayangkan berapa space yang dihemat, bukan?

Itu urusan di balik layar alias masalah teknis pembuatan program.
Maksudnya, tentu bukan berarti user harus menghapal no.id tiap item barang.
Saat mau diinputan data transaksi, user diberi pilihan nama item barang.
Jadi yang tampak di layar adalah nama item barang.
Setelah dipilih, nama item barang tersebut akan "dikonversikan" ke tabel
master barang untuk didapatkan no.id-nya.
No.id inilah yang diinputkan ke tabel transaksi.

Bagaimana pendapat anda?
(Continue reading)

hery | 15 Oct 14:59 2007
Picon

Re: cara buat database stock barang?

Untuk membuat aplikasi, sebaiknya harus di matangkan dulu tabel-tabelnya
soalnya kalau sudah masuk ke pemrograman ada tabel yang kurang agak susah
untuk updatenya.
Untuk informasi, sebaiknya pelajari aja program yang sudah jadi, baik
tabel-tabelnya maupun struktur dan linknya.

[Edit oleh ADMIN: iklan/promosi tdk diperkenankan di milis]

Semoga membantu.

[...]

andhie Quest | 22 Oct 09:03 2007
Picon

Re: cara buat database stock barang?

bener kata mas hery.. harus dikuatin table-table'y ...
kalo saya cenderung ada 5 table yaitu
table item barang (kode brng,nama_brng),
table input master (kode transaksi, tgl),
table input detail (kode transaksi, kode brng),
table output master(kode transaksi, tgl),
table output deatil  (kode transaksi, kode brng)
knpa agak banyak table, tujuan pada saat pencarian data tidak ribet dan terstruktur dalm mencari stock
barang dan lain-lain.
guud luck yach bos

hery <hery.balicart@...> wrote:                               Untuk membuat aplikasi,